Minggu, 15 Februari 2015

Alat Musik Terunik dan Menarik di Dunia


Kategori: Hiburan, Minggu Musik, Musik, Unik
#MingguMusik : Alat Musik adalah instrumen atau alat yang sengaja diciptakan atau diadaptasikan dengan tujuan supaya dapat menghasilkan suara musik. alat musik seperti gitar, piano, drum, serta alat musik modern lainnya. Pasti sudah sering dan banyak yg mengenalnya. Tapi, Tahukah kamu? Ada jenis alat musik yg cara memainkan mirip-mirip dengan alat musik yg populer sekarang ini. Seperti Sasando dan gitar, sama2 di petik. Lalu ada Okarina alat musik tertua di dunia . Dan menariknya, bentuk2 alat musik berikut ini beda dari biasa. Bisa dikatakan, bentuknya unik dan menarik karena ukurannya yg gak lazim. Berikut ini Alat Musik Terunik dan Menarik di Dunia:
Okarina



Okarina adalah alat musik kuno yg dimainkan dengan cara ditiup. Okarina merupakan salah satu alat musik tertua, dan diyakini telah ada sejak zaman batu atau sekitar 12000 tahun lalu. Okarina ditemukan di berbagai kebudayaan dengan variasi yg beragam, di Afrika, Tiongkok, dan Meksiko. Okarina tradisional berbentuk bulat seperti telur dgn beberapa lubang dan memiliki saluran kecil untuk ditiup. Okarina biasanya terbuat dari tanah liat, namun ada juga yg terbuat dari plastik dan logam.
Sasando

Sasando adalah sebuah alat instrumen petik musik. Instumen musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Secara harfiah nama Sasando menurut asal katanya dalam bahasa Rote, sasandu, yg artinya alat yg bergetar atau berbunyi. Konon sasando digunakan di kalangan masyarakat Rote sejak abad ke-7. Bentuk sasando ada miripnya dengan instrumen petik lainnya seperti gitar dan biola.
Kalimba

Kalimba adalah sebuah alat musik perkusi. Merupakan alat musik dari Afrika bagian Selatan. Terdiri dari sebuah kotak suara dengan tuts-tuts logam yg menempel ke bagian atas untuk memberikan not-not berbeda. Nama lainnya adalah “piano jempol” a la Afrika. Bermain Kalimba seperti memainkan Hape atau Gadget lainnya.
Alphorn

Penduduk Pegunungan Alpen, khususnya di wilayah Frankenhofen, Jerman, ternyata memiliki alat musik tradisional berupa terompet panjang. Alat musik yang biasanya dibuat sepanjang empat meter ini mampu mengeluarkan suara merdu. Alphorn biasanya hanya dimainkan pada festival bir di Austria, Jerman dan Swiss. Bayangkan saja jika Alphorn dimainkan setiap hari?
Sea Organ

The Sea Organ Ini adalah alat musik raksasa yg bunyinya berasal dari angin laut. Dibangun dibibir pantai di Zadar, daerah persisi Kroasia. Lebar alat musik ini 70 meter. Didalamnya ditanam susunan pipa sebanyak 35 buah sebagai penghasil suara. Alat musik yg unik, karena bisa dikatakan ini adalah suara alam.
Angklung

Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yg secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dgnn cara digoyangkan sehingga menghasilkan bunyi yg bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Dictionary of the Sunda Language karya Jonathan Rigg, yg diterbitkan pada tahun 1862 di Batavia, menuliskan bahwa angklung adalah alat musik yg terbuat dari pipa2 bambu, yg dipotong ujung-ujungnya, menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, dan diikat bersama dalam suatu bingkai, digetarkan untuk menghasilkan bunyi.
Shamisen

Shamisen adalah alat musik dawai asal Jepang yg memiliki tiga senar, dan dipetik menggunakan sejenis pick yg disebut bachi. Badan shamisen dibuat dari kayu, berbentuk segi 4 dgn keempat sudut yg sedikit melengkung. Bagian depan dan belakang dilapisi kulit hewan yg berfungsi memperkeras suara senar. Kulit pelapis shamisen adalah kulit bagian perut kucing betina yg belum pernah kawin. Sedangkan shamisen kualitas biasa dibuat dari kulit bagian punggung dari anjing. Shamisen yg dibuat kulit imitasi memiliki kualitas suara yg tidak bagus sehingga kurang populer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar