Minggu, 15 Februari 2015

Tips Merawat dan Membeli Drum Untuk Pemula


Bagi para pecinta musik, pasti sudah sangat akrab dengan alat musik yang satu ini, yaitu drum. Drum merupakan salah satu alat musik yang paling tua diciptakan di bumi, drum sudah diciptakan sejak abad ke dua atau saat jaman kerajaan dinasti Ming sebagai genderang perang. Drum berevolusi dengan kencang dan saat ini sudah menjadi salah satu alat musik yang paling popular dan sering dimainkan.



            Kesenangan bermain drum biasa berakhir dengan senang, tetapi, seiring terus bermain, makin lama drum bisa rusak, jika sudah parah rusaknya, drum tersebut tidak akan bisa dimainkan lagi selain dibuang dan rusak dan harus membeli yang baru, dan tentunya, lebih mahal.Untuk menghindari semacam kejadian seperti itu, ada beberapa cara untuk merawat dan membeli drum dengan baik.

Merawat:

1.Biasakan selalu mengecek adakah keruskan atau luka kecil pada kulit bass, tom, dan snare, bila ada, segera ganti yang baru.
2.Berhubung dengan bass, selalu menendang bass dengan pelan pelan dan benar. Jangan menendangkan pedal ke bass dengan kencang agar bass tidak mudah pecah atau bolong.
3.Saat mengecek snare, ceklah bagian bawah snare dan lihat snappy-nya. Bila sudah berkarat, atau pernya sudah banyak yang lepas, segera diganti
4.Jangan seringkali memukul simbal terutama crash dengan sangat kencang, karena bila sering dipukul terlalu keras, simbalnya bisa retak.
5.Cek kerusakan pada simbal secara berkal dengan baik, bia ada yang retak atau pecah, segera ganti dengan yang baru  
6.Saat bermain menggunakan hihat, jangan memukul hihat dengan keras dan kencang, karena nanti bisa patah.
7.Biasakan selalu mengencangkan baut yang menempel pada tiap bagian drum, bila tidak dikencangkan, nanti bisa berantakan dan berjatuhan saat bermain.

Membeli:

1.Belilah drum dengan merek yang bagus. Cth: Pearl, Tama, DW, Mapex dan Yamaha.
2.Bila dana tidak mencukupi untuk membeli drum yang bagus dan mereknya terkenal, jangan memaksakan kehendak untuk membeli drum yang bagus.
3.Saat membeli perlengkapan, belilah perlengkapan yang bermutu dan asli, jangan beli lewat pasar hitam (black market), karena tidak asli dan mungkin bisa cepat rusak.
4.Jangan mudah tergiur oleh harga drum yang murah, gara gara hanya karena masalah harga, anda bisa berurusan dengan aparat kepolisian
5.Belilah drum sesuai skill (bakat), jangan membeli drum yang  besar, tetapi skill anda kecil dan tidak terlalu professional.
6.Untuk drum yang terbaik, belilah drum lewat toko resminya secara langsung, karena kita bisa langsung dapat garansi resmi dari drum tersebut.
7.Banyak bertanyalah kepada profesionelis, drummer terkemuka bagaimana cara membeli, merawat, bermain, dan lain lain mengenai drum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar